Pungut Sampah di SMP N 3 Sawit

Hari Sabtu ini (19/9/20), warga SMP N 3 Sawit melakukan pungut sampah di lingkungan sekolah. Lingkungan yang dibersihkan mencakup ruang kelas dan lingkungan sekitar, perpustakaan, halaman dalam sekolah, dan halaman depan sekolah.  Kegiatan ini berdasarkan Surat Edaran Pemkab Boyolali no: 6601/026064.8/2020 tentang kegiatan WCD Indonesia. 

WCD ini tidak hanya dilakukan di SMP N 3 Sawit, namun juga di seluruh lingkungan masyarakat Boyolali. Tema dari kegiatan pungut sampah ini adalah "Bersatu Untuk Indonesia Bersih" yang selaras dengan tema daro Pemprov Jawa Tengah "Jateng Kudu Resik". Kegiatan ini diprakarsai oleh Pemda Boyolali dan organisasi Word Cleanup Day (WCD) Indonesia. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mendorong peningkatan kepedulian dan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, kebersihan lingkungan mempunyai peranan penting dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan masyarakat. 

Sampah-sampah yang dipungut ini kemudian dipilah terlebih dahulu, mana yang termasuk sampah organik (daun, sampah rumah tangga dsb) dan mana yang termasuk sampah anorganik. Untuk sampah organik kemudian dapat diolah sendiri oleh masyarakat untuk dijadikan layaknya komposter sebagai kompos. Sedangkan sampah anorganik  dikumpulkan di bank sampah /TPS 3 R di masing-masing wilayah. Jika bank sampah /TPS 3R yang sudah menerima sampah dari warga, kemudian menimbang sampah tersebut dan ddokumentasikan untuk kemudian dilaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boyolali atau via emali : dlhboyolali@gmail.com. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *