Semester Baru, Semangat Baru

 

Sudah hampir tiga minggu memasuki Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021, pembelajaran di SMP N 3 Sawit pun sudah dimulai. Walaupun dimulai baru beberapa minggu, namun pembelajaran pada semester yang baru ini masih dalam masa pandemi. Pembelajaran masih dilakukan dengan sistem daring. Sebenarnya diagendakan pembelajaran tatap muka akan dimulai sejak tanggal 11 Januari 2020, namun berhubung angka kenaikan konfirmasi positif Covid-19 masih tinggi dan makin meningkat, jadi pembelajaran tatap muka diurungkan. Karena pemerintah Kabupaten Boyolali juga melakukan PSBB sampai dengan akhir bulan Januari 2021. 

Walaupun tatap muka belum bisa dilakukan, bukan berarti belajar juga berhenti. Karena bagaimanapun juga kehidupan harus terus berjalan, termasuk dalam bidang pendidikan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memunculkan semangat baru dalam belajar. Mari simak tips-tips berikut.

1.Jaga Kesehatan

  Kesehatan merupakan hal yang sangat penting pada  masa pandemi seperti sekarang ini. Karena sistem imunitas yang baik sangat menentukan bagaimana kondisi kehatan tubuh kita. Karena dengan sistem imun yang baik, kemungkinan untuk terjangkit virus/penyakit lainnya cenderung lebih kecil. 

2.Buat kelompok belajar online

  Kelompok belajar cukup membantu dalam proses belajar di rumah. Karena dengan adanya kelompok belajar, maka mempermudah dalam proses belajar. Apalagi jika ada hal-hal yang kurang jelas, maka siswa bisa bertanya pada teman satu kelompok belajarnya, Hal ini wajar karena biasanya siswa cenderung segan untuk bertanya pada guru tentang kesulitan belajarnya. 

3. Tentukan target belajar 

    Target dalam belajar merupakan hal yang penting. Karena dengan target ada tujuan yang akan dicapai. Untuk menentukan terget, ada baiknya dibuat harian. Jadi dengan membuat target belajar harian, siswa akan termotivasi untuk terus belajar dan berusaha untuk mencapai target yang telah ditentukan. 

4. Disiplin 

    Saat belajar di rumah, suasana sangat berbeda dengan belajar di sekolah. Belajar di rumah cenderung lebih bebas. Namun kebebasan ini sering membuat siswa terlena. Bagaimana tidak, jika biasanya masuk sekolah sudah bangun pagi, mandi dan sarapan kemudian berangkan ke sekolah, namun saat di rumah terkadang sampai siang pun ada siswa yang belum mandi bahkan belum bangun tidur sama sekali. Jika tidak menerapkan prinsip kedisiplinan yang baik, maka siswa akan tertinggal materi pelajaran dan juga dalam mengerjakan tugas. Maka dalam hal ini sangat diperlukan pengawasan dari orang tua dan keluarga.

     Demikian tips-tips untuk menumbuhkan semangat baru dalam belajar di semester yang baru ini. Semoga dapat menginspirasi dan juga membantu anak-anak dan para orang tua dalam mendampingi siswa belajar di rumah. Jangan lupa untuk menjaga kesahatan dan selalu memperhatikan protokan kesehatan. Salam Sehat selalu.

                                                                                                                                                                                                       Dikutip dari berbagai sumber.

                                                                                                                                                                                                      Gambar diambil dari : fpbn.info 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *