Suara Siswa di Masa Pandemi

 

Sekolah formal yang identik dengan masuk pagi, belajar, bermain  bersama teman-teman, mengerjakan tugas, ulangan harian dan  istirahat di kantin. Mungkin itu adalah  gambaran umum yang dilalui siswa saat sekolah di masa sebelum pandemi seperti sekarang ini. Tentunnya kebiasaan-kebiasaan di sekolah sangat di rindukan oleh para siswa. Apalagi dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, siswa yang tadinya rutin masuk sekolah, sekarang harus belajar di rumah saja. Lalu apa saja  suka duka siswa saat belajar di rumah seperti sekarang ini? Mari simak ulasannya.

1.Bisa bangun siang 

         Jika masuk sekolah sebabaimana mestinya, tentunya siswa harus bangun pagi agar tidak terlambat ke sekolah. Namun di masa pandemi ini, tentunya siswa bisa bangun siang karena tidak diwajibkan datang ke sekolah untuk belajar. Biasanya anak-anak yang terbiasa bangun siang adalah siswa yang mempunyai kebiasaan tidur larut malam. Entah menonton TV, main game ataupun nonton film kesukaan. Namun tidak semua siswa seperti ini, karena banyak juga siswa yang tetap tanggung jawab dengan menata pola tidur dan mengatur waktu. Jadi bagi siswa yang baik tentunya akan tidur dan bangun tepat waktu. apalagi bagi yang beragama Islam, mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan shalat Subuh. 

2. Puas mengoperasikan HP 

          Dengan adanya BDR (Belajar Dari Rumah) tentunya siswa lebih aktif menggunakan HP dari biasanya. Jika biasanya siswa mengoperasikan HP di luar jam belajar, tapi di situasi ini hampir setiap saat siswa dapat mengoperasikan HP.  Apalagi hampir semua materi dan tugas belajar dari guru disampaikan melalui HP. Jadi sudah pasti waktu untuk mengoperasikan HP pun bertambah. 

3.Tidak dimarahi guru 

          Jika kadang ada yang dimarahi guru karena tidak mengerjakan, PR, ulangan ataupun menjahili teman sekelasnya, pastinya sekarang tidak. Proses pembelajaran jarak jauh ini siswa tidak dapat berbuat jahil secara langsung pada temannya di kelas seperti mencubit, menyembunyikan buku, ataupun gurauannya. Mereka juga tidak dimarahi karena mengganggu proses pembelajaran karena mengganngun temannya. 

4.Bosan 

          Hal yang paling banyak dikeluhkan siswa selama belajar di rumah adalah merasa bosan. Tentu  ini adalah hal yang wajar. Sepanjang hari mereka hanya duduk manis di rumah. Makan di rumah, belajar di rumah dan hampir semua aktifitas dikerjakan di rumah. Tidak dapat bergurau, bermain dan bertemu dengan teman-teman. Hanya bisa "say hello" via gadget.

5.Tidak mendapat uang saku 

           Uang saku biasnya diberikan orang tua sebelum putra-putri mereka berangkat sekolah. Namun dengan kegiatan BDR ini, banyak orang tua yang tidak memberikan uang saku pada anak-anaknya. Selain menghemat biaya hidup sehari-hari, para orang tua juga sudah menyapkan stok makanan dan cemilan bagi anak-anak.

6.Sulit memahami materi pelajaran

           Idealnya dalam proses pembelajaran, guru memberikan penjelasan tentang materi kepada siswa secara langsung. hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami dengan baik, dan bisa bertanya jika ada yang belum dapat dipahami. Namun pembelajaran jarak jauh tidak emmeungkinkan guru untuk memberikan penjelasan secara langsung. Walaupun guru juga berusa menjelaskan materi dengan video pembelajaran, emnggunakan aplikasi seperti zoom, google meeting dan cara-cara lainnya namun ternyata masih kurang maksimal jika dibandingkan dengan pembelajaran klasikal. Ini menunjukan bahwa guru mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran.

7.Tugas menumpuk

           Banyak siswa yang mengeluhkan tentang banyaknya tugas yang mereka dapat. Sebenarnya tugas yang diberikan guru di masa pandemi ini, pada umumnya tidak banyak. Namun keadaan siswa yang belajar di rumah, membuat kebanyakan siswa terlena dengan situasi dan menunda untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Jika ditunda maka semakin lama, tugas pun menumpuk dan banyak. Untuk melihat daftar tugas saja sudah malas apalagi untuk mengerjakannya. 

           Demikian tadi ulasan tentang suka duka siswa selama belajar di rumah. Mungkin masih banyak lagi hal yang dirasakan siswa selama belajar di sekolah. Namun bagi kalian yang sedang belajar di rumah selalu semangat belajar ya, karena masa depan bangsa ini ada di pundak kalian. Dan bagi orang tua, juga selalu semangat untuk mendampingi dan membimbing putra putri tercinta. Salam Semangat!!

 

                                                                                                                                                                                                        gambar dikutip dari : waspada.id

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *