Tips Belajar Di Rumah

Di saat New Normal  ini, sebagian besar sekolah belum mengadakan pembelajaran secara tatap muka. Rata-rata sekolah di Kbupaten Boyolali masih memeberlakukan Belajar Dari Rumah bagi siswa-siswanya. 

Pembelajaran memang idealnya dilakukan secara tatap muka, disekolah. Karena dengan tatap muka guru dan siswa dapat melakukan intreraksi di kelas, sehingga pembelajaran berjalan lebih efektif dan efisien. Namun  di tengah keadaan New Normal seperti ini, banyak kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses belajar di rumah. Berikut ada beberapa tips bagi orang tua agar Belajar di Rumah dapat berjalan dengan baik. 

1. Sediakan Tempat yang nyaman untuk belajar 

    Tempat yang nyaman untuk belajar berperan penting bagi siswa untuk dapat memahami materi belajar. Tempat yang nyaman untuk belajar adalah tempat yang bersih, tidak bising, tidak sempit, mempunyai sikulasi udara yang baik juga pencahayaan yang baik untuk membaca. 

    Tempat yang nyaman untuk belajar juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Banyangkan saja, siswa yang sedang melakukan pembelajaran dari rumah, tempat belajarnya kotor, gelap, tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik, pasti anak juga tidak dapat konsentrasi dan belajar dengan baik. 

2. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar 

    Alat-alat yang digunakan untuk belajar siswa juga punya peranan yang penting. Karena alat-alat ini berperan utnk menunjang pembelajaran siswa. Alat-alat ini misalnya, buku tulis, buku materi, alat peraga dan lat bantu lainnya. Jika alat bantu ini tidak disediakan, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam belajar. 

3. Pastikan Koneksi internet baik 

    Belajar dari rumah memang memerlukan koneksi internet yang baik. Karena biasanya guru memberikan materi dan tugas atau soal latihan secara online. Misalnya menggunakan Google Classroom, Google forms, Google meeting, Zoom, Quizes, dan aplikasi lainnya. Jika koneksi internet baik maka anak pun dapat menjangkau materi dan mengerjakan tugas dengan lancar.

4. Sediakan camilan

    Belajar di rumah tidak seresmi belajar di sekolah. Jika belajar di sekolah, ada tata tertib yang mengikat seperti tidak diperbolehkan untuk makan selama jam pembelajaran. Namun Belajar di Rumah suasananya lebih santai dan luwes. Jadi tidak ada salahnya jika orang tua juga menyediakan camilan bagi anak, agar anak juga dapat menikmati masa belajarnya selama di rumah.

5. Jauhkan benda yang membuat anak kurang fokus 

    Karena belajar di rumah tidak melibatkan guru secara langsung di rumah tiap siswa, maka orang tua harus disiplin untuk ikut mendisiplinkan anaknya dengan menjauhkan benda-benda yang membuat konsentrasi anak kurang fokus. Konsentrasi anak berperan penting dalam penyerapan materi sehingga anak dapat memahmi pelajaran dengan baik.

6. Pastikan pencahayaan yang baik di tempat belajar

    Pembelajaran di rumah tidak terikat oleh waktu tertentu. Belajar dari rumah bisa dilakukan di pag hari, siang, sore atau malam hari. Karena terkadang ada tugas yang waktu pengumpulannya lebih dari satu hari sehingga siswa dapat mengerjakannya di sore atau malam hari. 

   Jika Belajar di waktu pagi atau siang hari, tentunya ada cahaya matahari yang menyinari ruang belajar, namun jika siswa belajar di sore atau malam hari tentunya sinar matahari sudah redup. Oleh karena itu, hendaknya orang tua memastikan pencahayaan yang baik di tempat belajar. 

   Demikian tips-tips Belajar dari Rumah. semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga keaadan segera memebaik dan siswa-siswa dapat belajar kembali di sekolah, bertemu dengan teman-teman dan Bapak/Ibu Guru. 

                                                                                                                              Dikutip dari Kompas.com dengan beberapa perubahan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *